ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.



A. PENDAHULUAN

    Selamat datang di blog saya....
    Kali ini saya akan membahas tentang apa itu BASH dan ZSH ???
    Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini....

B. LATAR BELAKANG

    Mempelajari tentang apa itu BASH dan ZSH.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

    Dapat memahami tentang BASH dan ZSH

D. PEMBAHASAN

  • Apa Itu BASH ???
    Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne. Bash ini adalah shell yang paling umum digunakan pengguna Linux. Shell adalah program yang menjadi jembatan antara perintah yang dimasukkan user melalui input dari keyboard dengan sistem operasi untuk melakukan perintah yang dimasukkan user tersebut. Sekarang ini, program seperti shell ini sudah tergantikan oleh user interface yang lebih mudah digunakan. 

  • Apa Itu ZSH ???
    Z shell (Zsh) adalah sebuah Unix shell yang dapat digunakan sebagai login shell yang interaktif dan sebagai penerjemah perintah yang kuat untuk shell scripting. Zsh adalah Bourne shell yang disempurnakan dengan sejumlah besar perbaikan, termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh.

  • Perbedaan BASH dan ZSH
  1. Pada Bash, kalau kita mengetik cd Spasi Tab (perintah cd lalu spasi) maka yang muncul adalah daftar direktori saja. Sedangkan pada Z Shell, setelah menekan Tab akan muncul completion untuk direktori yang ada atau tersedia, tekan Tab lagi maka direktorinya beda lagi, dan seterusnya sampai rekomendasi direktorinya habis.
  2. Bash jika kita salah mengetikkan perintah yg salah maka akan muncul pesan perintah tidak ada atau harus menginstall perintah tersebut misalnnya perintah gitt yg seharusnya git. Kalau pada Z Shell akan muncul pesan seperti dibawah ini cukup tekan y perintah typo atau salah ketik tadi langsung diperbaiki.
  3. Kalau pada Bash untuk masuk ke folder misalnya /usr/share/applications maka harus ditulis lengkap atau menekan funsi Tab 2x. Misalnya cd Spasi /us Tab maka muncul /usr, kemudian /usr/sh tekan Tab maka muncul /usr/share dan seterusnya. Berbeda dengan Z Shell ketik cd /u/s/app tekan Tab maka akan otomatis masuk ke folder /usr/share/applications dengan mendeteksi huruf awal setiap folder yang tersedia.

E. KESIMPULAN

    BASH dan ZSH merupakan sebuah shell pada linux. Bedanya pada ZSH itu lebih ineraktif ketimbang BASH.

F. REFERENSI

    https://www.gnu.org/software/bash/
    http://www.zsh.org/

G. PENUTUP

    Sekian artikel dari saya.... Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya....

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.