ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.


A. PENDAHULUAN

    Selamat datang di blog saya....
    Kali ini saya akan memberitahu perbedaan sudo, su dan sudo su pada linux.
    Untuk lebih jelasnya simak baik-baik artikel saya kali ini....

B. LATAR BELAKANG

    Linux adalah sistem nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer yang berbasis unix. Linux merupakan salah satu hasil pengembangan perangkat lunak bebas atau dan sumber terbuka utama. namanya sendiri berasal dari nama pembuatnya yaitu Linus Torvalds

C. MAKSUD DAN TUJUAN

    Ingin sharing kepada pembaca agar mengetahui tentang perintah sudo, su , dan sudo su pada linux.

D. PEMBAHASAN
  • su
    Merupakan perintah superuser yang digunakan untuk masuk sebagai root dengan mengetikan password root, sehingga user dapat melakukan perintah-perintah yang bersifat "administrator only" seperti menambah, menghapus, ataupun memodifikasi file di system, menginstall aplikasi dan masih banyak lagi.

  • sudo

    Merupakan suatu program yang digunakan untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses root. tidak semua user dalam linux dapat melakukan perintah ini. Hanya user yang terdaftar di file /etc/sudoers yang dapat melakukan perintah ini. Dalam menggunakan perintah sudo ini akan diminta memasukkan password dari user yang menjalankan perintah ini. Dan biasanya password yang dimasukkan hanya akan bertahan selama 15 menit, setelah itu akan disuruh memasukkan password lagi.

  • sudo su

    Perintah "sudo su" ini dapat memberikan kewenangan pada user biasa untuk menjalankan perintah yang hanya bisa dilakukan oleh user root. Perbedaan perintah ini dengan perintah sudo adalah perintah ini akan terus berlaku sampai kita menutup terminal, sehingga user tidak perlu memasukkan password berkali-kali.

E. KESIMPULAN

    Ternyata perintah sudo, su dan sudo su. berbeda walaupun fungsinya sama, yaitu menjalankan perintah yang membutuhkan akses root.

F. REFERENSI

    Linux Wikipedia

G. PENUTUP

    Sekian artikel dari saya.... semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog saya....

WASSALAMU'ALAIKUM WR. WB.