Assalamu'alaikum Wr wb




A. PENDAHULUAN
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi kepada teman-teman semua tentang Web Server nah udah pada tau kan apa itu Web Server?  jikalau belum silahkan baca seleengkapnya...
Apa Itu Web Server?

  Web server adalah sistem komputer yang memproses permintaan melalui HTTP, protokol jaringan dasar yang digunakan untuk mendistribusikan informasi di World Wide Web. Istilah ini bisa merujuk ke keseluruhan sistem, atau secara khusus ke perangkat lunak yang menerima dan mengawasi permintaan HTTP.

Dan perangkat lunak atau (software) ini dalam server juga berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP dan atau HTTPS dari klien yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali (respon) hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berbentuk dokumen HTML.


B. LATAR BELAKANG 
 
Banyak orang yang masih belum tahu tentang Web server dan oleh karena itu Web server berguna untuk melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa. Halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks, video, gambar, file dan banyak lagi.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
Memahami Tentang Webserver baik itu pengertian dan macam-macam jenis Web Server.

D. PEMBAHASAN 

Web Server.

   Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi beroperasi dalam medistribusikan web page ke user sesuai dengan permintaan user. Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya.

  Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini.

Beberapa macam web server :
  • Apache
  • Apache Tomcat
  • IIS (Internet Information Services)
  • Lighttpd
  • Jigsaw
  • Sun Java System
  • Zeus

1. Apache

Apache merupakan aplikasi web server yang paling banyak digunakan selain itu apache juga bersifat open source. Secara default apache menggunakan Script PHP dan MySQL sebagai database.

- Kelebihan :
  1. Apache termasuk dalam kategori feeware
  2. Apache mudah proses installasinya
  3. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi
  4. Mudah mengatur konfigurasinya
  5. Mudah dalam menambahkan peripheral lain ke dalam platform web servernya
- Kekurangan :
  1. Web server apache tidak memiliki kemampuan mengatur load, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga nilai MaxClients atau batas yang diizinkan OS ini mengakibatkan RAM akan lebih cepat habis
  2. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Refferer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati hati untuk merusak format baris log akses
  3. Terganggunya proses upload data yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk

2. Apache Tomcat

Apache Tomcat adalah server web berbasis open source yang mendukung untuk penggunaan JSP (Java Server Pages). Secara default, server tomcat ini belum memiliki package admin sehingga tidak ada akses untuk admin. Yang ada hanya tomcat manager untuk mendeploy aplikasi web.

- Kelebihan :
  1. Performanya tinggi, stabil, memiliki banyak fitur
  2. Mudah dikonfigurasi
  3. Menggunakan hanya sedikit sumber daya pada server
  4. Tidak bergantung pada thread untuk melayani client
- Kekurangan :
  1. Belum support IPv6
  2. Update versi terbarunya lama keluar
  3. Fast-CGInya tidak berfugsi maksimal
  4. Pemakainya tidak banyak 

3. IIS (Internet Information Services)

IIS atau Internet Information Services adalah HTTP web server yang digunakan dalam Sistem Operasi Windows. Layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapisan aplikasi (application layer). IIS juga menjadi fondasi dari platform Internet dan Intranet Microsoft, yang mencakup Microsoft Site Server, Microsoft Commercial Internet System dan produk-produk Microsoft BackOffice lainnya.

- Kelebihan :
  1. Lebih kompatibel dengan Windows karena IIS merupakan keluaran Microsoft
  2. Untuk platform .NET, user hanya bisa menggunakan IIS
  3. IIS memiliki fitur URL Filtering untuk mem-filter website yang tidak diinginkan
  4. Untuk platform .NET, user hanya bisa menggunakan IIS
- Kekurangan :
  1. Web servernya berbayar
  2. Port 80 (Port untuk layanan web) sangat mudah diserang cracker
  3. Keamanan file log mudah ditembus sehingga sistem password mudah didapatkan

4. Lighttpd

Web Server yang alamat websitenya di http://lighttpd.net/ ini ditulis dalam bahasa pemrograman C. Dapat dijalankan pada sistem operasi Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya, serta dapat pula dijalankan pada sistem operasi Windows. Lighttpd bersifat open source dan didistribusikan dengan lisensi BSD. Lighttpd mengklaim dirinya sebagai web server yang “memakan” sedikit space memori jika dibandingkan dengan web server lain. Selain itu lighttpd mempunyai kemampuan untuk mengatur cpu-load secara efektif dan beberapa fitur advance seperti FastCGI, SCGI, Auth, Output-Compression, URL-Rewriting dan lain-lain.

- Kelebihan :
  1. Virtual hosting yang fleksibel
  2. HTTP compression menggunakan mod_compress dan mod_deflate terbaru
  3. Berukuran kecil
  4. Desain single-process hanya dengan beberapa thread. Tidak ada proses atau thread dimulai per koneksi
- Kekurangan :
  1. Belum support IPv6
  2. Update versi terbarunya lama keluar
  3. Fast-CGInya tidak berfungsi maksimal
  4. Pemakai tidak banyak

5. Jigsaw

Jigsaw adalah (W3C) World Wide Web Consortium’s terdepan platform web server. Ini adalah berfungsi penuh, berorientasi objek server web yang ditulis di Jawa yang menyediakan sampel HTTP 1.1 implementasi, dan menawarkan berbagai fitur di atas arsitektur maju.Jigsaw adalah (W3C) World Wide Web Consortium’s terdepan platform web server. Ini adalah berfungsi penuh, berorientasi objek server web yang ditulis di Jawa yang menyediakan sampel HTTP 1.1 implementasi, dan menawarkan berbagai fitur arsitektur maju.

- Kelebihan :
  1. Memiliki desain yang berorientasi objek dan implementasi
  2. Jigsaw tidak lebih dari satu set kelas Java dan modul eksistensi, jadi kemampuan untuk menambahkan server tidak rumit
  3. Jigsaw mendukung CGI untuk digunakan dengan script yang ada
- Kekurangan :
  1. Komunitasnya sedikit jadi sulit mendapat solusi jika ada masalah
  2. Web servernya berbayar

6. Sun Java System

Sun Java System yang aman, handal, mudah menggunakan server Web yang dirancang untuk situs menengah dan besar. Tersedia di sistem operasi paling utama, Java System Web Server menyediakan organisasi dengan platform penyebaran tunggal untuk layanan Web, JavaServer Pages (JSP), Java Servlet teknologi, NSAPI dan CGI. Ini juga menawarkan built-in kemampuan reverse-proxy HTTP untuk menyediakan HTTP depan sangat scalable-end untuk server aplikasi atau HTTP server asal. Antarmuka FastCGI menyediakan platform yang stabil dan terukur untuk pihak ketiga teknologi scripting.

- Kelebihan :
  1. Aman dan mudah dalam penggunaan
  2. Menyeiakan organisasi dengan platform penyebaran tunggal untuk layanan Web, JSP, Java Servlet teknologi, NSAPI, dan CGI
  3. Merupakan perangkat lunak infrastruktur yang canggih
- Kekurangan :
  1. Web servernya berbayar
  2. Keamanan file log mudah ditembus sehingga sistem password akan mudah didapatkan
  3. Komunitasnya sedikit

7. Zeus

Zeus Web Server adalah server web proprietary untuk Unix dan Unix-like platform (saat Solaris, FreeBSD, HP-UX dan Linux). Dukungan untuk AIX, Tru64, dan Mac OS X dijatuhkan pada tanggal 10 Juni 2008. zeus tampaknya mati karena belum diperbarui sejak Januari 2010 , dan perusahaan tidak lagi menawarkan solusi server yang sama. Hal ini dikembangkan oleh Zeus Technology, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berlokasi di Cambridge, Inggris. Para penulis asli dan pendiri perusahaan adalah University of Cambridge lulusan Damian Reeves dan Adam Twiss. Zeus didesain untuk menjadi web server kinerja tinggi dan sering digunakan oleh vendor hardware mengirimkan SPECweb99 tolok ukur untuk hardware mereka.

- Kelebihan :
  1. Manajemen berbasis Web yang fleksibel 
  2. Kemampuan integrasi aplikasi yang luas
  3. Kisaran paling komprehensif fitur yang tersedia dari perangkat lunak server komersial
- Kekurangan :
  1. Belum support IPv6
  2. Update versi terbarunya lama keluar
  3. Pemakainya tidak banyak

F. KESIMPULAN

Dengan mengetahui beberapa web server ini kita bisa tahu kegunaan, kelebihan, dan kekurangan. Jadi kita dapat menyesuaikan kebutuhannya.
Nah untuk Pembahasan Apache sendiri baik installasinya maupun penjelasannya lebih lanjut silahkan baca juga :
  • Installasi XAMPP : https://rayhansm.blogspot.com/2018/12/wow-penjelasan-dan-cara-installasi.html
  • Installasi LAMP : https://rayhansm.blogspot.com/2018/09/installasi-lamp-web-database-server.html
  • Perbedaan XAMPP,LAMP,WAMP : https://rayhansm.blogspot.com/2018/08/apa-itu-xampp-lampp-dan-wamp-serta.htmlG

G. REFERENSI

Source by :
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_server


H. PENUTUP

Nah begitulah dengan apa yang saya sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, mohon maaf bila ada kesalahan dan bahasa yang kurang sopan , terima kasih banyak suudah membaca artikel ini jangan lupa untuk di share ya!
Akhirul kalam, 

Wassalamualaikum wr. wb.