Assalamu'alaikum Wr wb.


A. PENDAHULUAN


Hasil gambar untuk MIKROTIK LOGOSalam sejahtera dan bahagia untuk kita semua dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ya teman-teman pda kesemptan kali ini saya akan berbagi informasi dan pengalaman sob , pada kesempatan kali ini saya akan berbag tutorial yaitu tentang cara belajar mikrotik tanpa routerboard nah? mungkin pada penasaran kan? kok bisa?

B. LATAR BELAKANG


Seringkali atau tidak sedikit dari teman-teman yang ingin belajar MIkroTik dan ingin mengetahui fitur-fitur yang ada di Mikroti namun belum bisa memakai RouterBoard aslinya.


C. MAKSUD DAN TUJUAN


Dengan adanya tutorial ini diharapkan anda tidak usah minder atau risau karena belum punya routerboard asli, dan bisa belajar dengan router dengan teknologi Virtual, ingat ya! hanya untuk belajar jangan dijadikan hal lain, karena jikalau mau menggunakan di jadikan bahan untuk dipakai kalian harus beli lisensi nya terlebih dahulu dan saya anjurkan untuk membeli routerboard asli aja. 

D. WAKTU YANG DI BUTUHKAN


5-20 Menit


E. ALAT DAN  BAHAN


Software Virtual Box https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
Router OS dan Winbox https://mikrotik.com/download

F. TAHAP PENGERJAAN 


Untuk pertama kali kita Download Virtualbox/VmWare/Qemu atau aplikasi virtualisasi lainnya, nah untuk saya sendiri disini memkai aplikasi yaitu virtual box, dan setelah siap semuannya kita install terlebih dahulu router os nya di virtualbox, jikalau belum tahu bisa kunjungi di link ini https://rayhansm.blogspot.com/2018/09/cara-menginstall-router-os-di-virtual.html.

 1. Maka akan nampak seperti ini : 

Masuk default username : admin tanpa password: 


2. Kita masuk ke Manajer Jaringan Host dan masukan Ip yang  kalian inginkan
:



3. Masuk ke pengaturan lalu ganti menjadi Host-Only adapter . dan pilih Vbonetnya sesuai dengan yang di manajer host.



4. Masuk ke Winbox dan scan ulang maka akan nampak seperti ini :
lalu pilih yang ipv4 atau yang v6 lalu klik -> connect

6. Maka akan muncul dan nampak seperti dibawah ini :

virtualbox

E. KESIMPULAN 


Jadi ini merupakan media untuk bagaimana kita belajar dan hanya sekedar untuk mengetahui fitur yang ada di MikroTik, dan  bisa di pakai untuk belajar seperti router asli seperti pembuatan hotspot, konfigurasi Firewall Nat rules, Routing staic dan masih banyak lagi, namun kekurangannya adalah tidak ada tools scan Wireless karena itu khussus untuk routerboard asli dan berlisensi, Ingat untuk belajar ya!


F. REFERENSI


http://Mikrotik.co.id
http://Wikipedia.co.id


G. PENUTUP


Dan demikianlah apa yang saya sampaikan mudah mudahn bisa bermanfaat adan bisa dijadikan pembelajran unruk kita semua, dengan adanya tutorial ini bisa dijadikan referensi belajar untuk kita semua, salam hormat dari saya Rayhan Sahrul Muharom, akhirul kalam




Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.