Assalamu'alaimu'alaikum Wr wb.







A. PENDAHULUAN


Selamat datang dan terima kasih kepada teman teman semua yang sempat hadir dan senantiasa untuk membaca artikel menarik di blog saya dan pada kali ini saya akan memposting tentang Analisis SWOT. 


B. LATAR BELAKANG 


Jarang sekali orang-orang atau mungkin dari teman-teman yang mengetahui tentang apa itu Analisis SWOT, oleh karena itu izinkan saya disini untuk mengulas apa sih itu Analisis SWOT?


C. MAKSUD DAN TUJUAN


Dengan tahu apa itu Analisis SWOT kita bisa tahu arti dan maknanya sehingga kita akan mampu memahaminya dan bisa di implementasikannya di kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. 



D. PEMBAHASAN


Apa itu Analisis SWOT ?

SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek, baik yang sedang berlangsung maupun dalam perencanaan baru. 
 
Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.
Metode analisis SWOT merupakan alat yang tepat untuk menemukan masalah dari 4 (empat) sisi yang berbeda, di mana aplikasinya adalah:
1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
3. bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mewujudkan visi dan misi suatu perusahaan.

Dan berikut merupakan contoh sederhana dalam melakukan Analisis SWOT suatu perusahaan :


Strength (Kekuatan)

  1. Kita dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.
  2. Kita memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi pelanggan.
  3. Kita sangat memperhatikan setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.
  4. Kita sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.
  5. Kita memiliki reputasi yang baik pada market yang ditekuni.
 

Weakness (Kelemahan)

  1. Staf kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.
  2. Perusahaan kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
  3. Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
  4. Lokasi kantor letaknya di tempat yang kurang strategis.

Opportunities (Peluang)

  1. Sektor yang kami tekuni sedang mengalami kenaikan.
  2. Pemerintah sangat mendukung perusahaan lokal seperti kita.
  3. Belum ada persaingan yang ketat dalam sektor yang kami tekuni.
  4. Hanya dengan modal yang rendah kami dapat memulai bisnis dengan baik.

Threats (Ancaman)

  1. Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada di luar kemampuan kami sehingga dapat menyebabkan kita terlambat dalam mengadopsinya.
  2. Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kita di bidang ini.
  3. Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.



E.  REFERENSI


 Source By  : 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
  • https://www.jurnal.id/id/blog/2017-manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot/

F.  PENUTUP

Demikianlah dengan apa yang saya sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi untuk kita semua, khususnya bagi saya selaku penulis dan umumnya untuk kita selaku pembaca, Akhirul kalam..
Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokaatuh.