Assalamu'alaikum Wr wb. 



rayhan
BOOTABLE LINUX HANZUMAKI18

PENDAHULUAN


Pada kesempatan kali ini saya Rayhan sahrul muharom akan membahas tentang cara membuat suatu bootable OS di flashdisk memakai Terminal Linux. 

 LATAR BELAKANG


 Alasan kenpa saya membawa materi ini adalah ketika kita ingin membuat suatu bootable selalu membutuhkan software yang harus di download terlebih dahulu. 

 MAKSUD DAN TUJUAN


Ketika kita sudah paham tentang bagaimana caranya maka kita tidak ribet lagi dan akan efesien sehingga mempermudah dalam tahap pengerjaannya. 

ALAT DAN BAHAN


1. Terminal Linux
2. Flash Disk
3. Operasi System 

WAKTU YANG DIPERLUKAN


Sesuai kapasitas flash disk dan besar OS yang di buat bootable, saya juga buat bootable Debian memakan waktu 10 menit.

PEMBAHASAN 


Apa itu Bootable?

Bootable adalah sebuah fasilitas atau layanan yang ada pada setiap Sysem Oeprasi, yang mana fasilitas tersebut di letakkan pada media penyimpanan, seperti Flashdisk, CD/DVD, atau media penyimpanan lain. 

Mungkin selama ini kita berfikir bahwa yang di sebut Bootalbe itu adalah Flashdisk yang di dalamnya terdapat System Operasinya, Tapi tarnyata SALAH, karena yang di namakan bootable itu adalah media penyimpanan yang di dalamnya terdapat System Oprasi. 

Jadi bukan hanya CD/DVD saja, melainkan semua media penyimpanan juga bisa disebut Bootable asalkan didalamnya terdapat System Operasi, seperti Flashdisk, dan sebagainya.

Apa itu terminal?

Terminal sering disebut command prompt atau shell. Di masa lalu, ini adalah cara pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, namun pengguna Linux merasakan dengan menggunakan shell ia dapat mengeksekusi perintah dengan lebih cepat dibandingkan dengan cara grafis dan masih sangat berguna hingga saat. Kali ini anda akan mempelajari bagaimana menggunakan terminal.

TAHAP PENGERJAAN




Kita lanjut ke proses tahapan kerja yang dimana saya  memakai terminal KDE Kubuntu .

1. Kita masukan terlebuh dahulu FlashDisk nya dan jangan lupa untuk cek terlebih dahulu namanya. Dan untuk mengecek USB flashdisknya kita memakai perintah :

ls /dev/

Kemudian akan muncul beberapa isi dari direktori /dev/ tersebut. Cari device dengan nama sdb1 atau sdc1 dan seterusnya.

Jika hanya satu perangkat USB Flashdisk yang dimasukkan pada perangkat laptop atau komputer, kemungkinan besar USB Flashdisk tersebut akan terbaca dengan nama sdb1, seperti pada gambar di bawah yang mana sdb1 merupakan USB Flashdisk yang terbaca pada perangkat saya.


Kemudian kita untuk sekarang unmount terlebih dahulu :


Nah sekarang cara untuk bootable nya dengan perintah
:

dd if=/media/hanzumaki18/e816e42d-7ec4-4c54-8340-e358098216bd/home/hanzumaki18/Documents/amam/debian-8.6.0-i386-DVD-1.iso of=/dev/sdb1 bs=1M && syc

Singkatnya :
dd if=/(masuk direktori file)/OS of=/dev/sdb1 bs=1-4M(antara 1 sampai 4) && syc

/dev/sdb1” adalah nama device yang akan digunakan untuk membuat bootable, yang dimasukkan setelah perintah “of=”.
bs=1M” menandakan ukuran block adalah 1 MB, dd akan mentransfer file per block, yang berarti semakin besar ukuran block maka akan semakin cepat proses selesai, tapi semakin besar ukuran block juga semakin besar kemungkinan file mengalami error atau kerusakan, sebaiknya cukup atur ukuran block sebesar 1 MB.

Nah sekarang punya saya sudah selesai bisa di lihat :
 

KESIMPULAN


Jadi untuk membuat suatu bootable itu bisa juga lewat terminal,
HASIL YANG DIDAPAT

Bisa membuat suatu bootable lewat Terminal.





Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.