Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Dan Bahagia


A. Pendahuluan
     Pada kali ini Mbah Suro Sharing-sharing tentang kebijakan Program TIK Smk bersama anak-anak Blc Telkom Klaten,

B. Latar Belakang
     pada jaman sekarang banya anak anak yang lulusan smp banyak yang masuk smk tetapi tidak tau bagaimana orientasi smk itu sendiri, sehingga ketika lulus SMK mencetak pengangguran terbanyak dibandingkan dengan SMA

C. Maksud Dan Tujuan
     Agar Mengerti tentang orientasi smk sebenarnya

D. Jangka Waktu Yang Dibutuhkan
     4 Jam

E. Pembahasan
     Berikut merupakan point-point yang dapat saya tangkap ketika mbah suro sharing-sharing tentang program TIK SMK :
1. Tantangan utama pendidikan  SMK pada saat ini yaitu :
 a) Perantara dan HR (Human Relation) menjadi hambatan dalam menyediakan pekerja yang berkualitas dengan mengambil keuntungan dari proses perekrutan,
 b) Kurikulum perlu berfokus pada kebutuhan industri, karena pada nyatanya saat ini pelajaran di SMK lebih banyak adaptif dibandingkan dengan produktifnya.
 c) tidak adanya platform digital/standarisasi untuk komunikasi.
 d) Tidak adanya sistem manajemen sekolah online (tidak adanya transparansi mengenai program pembelajaran dari smk, aktivitas seharian siswa tidak dapat dikontrol oleh orang tua mereka, kurangnya forum sebagai platform antara pelajar, guru dan orang tua membuat perkembangan siswa terhambat, siswa cenderung menyembunyikan nilai akademis mereka kepada orang tua).
 e) Kekurangan jumlah guru produktif di SMK,
 f) Disparatis mutu SMK Negeri dan Swasta,
 g) anggaran pendidikan yang terbatas.

2. -PROGRAM ONLINE PLATFORM-
strategi pengembangan pendidikan di SMK
(a) tenaga pengajar seharusnya sesuai dengan keahlian tertentu (produktif)
(b) Kurikulum : menyusun kurikulum yang selaras dengan kurikulum DUDI dan mengacu pada SKKNI dan KKNI serta perkembangan Revolusi INdustri 4.0
(c) Kualitas siswa : membenahi penyaringan siswa agar yang masuk ke sekolah vokasi adalah siswa yang berkualitas
(d) Penggunaan teknologi digital : penggunaan platform digital dalam proses pengajaran dan informasi pasar tenaga kerja
(e) Skema pemagangan : kolaborasi antara lembaga pendidikan vokasi dan DUDI melalui pemagangan
(f) Keterlibatan stakeholder : Memperkuat keterlibatan asosiasi, industri dan masyarakat dalam pengembangan vokasi
(g) Sarana Prasarana : menyediakan sarana dan prasarana peralatan praktek yang sesuai dengan kebutuhan DUDI.

3 .Bahwa SMK Itu berorientasi kerja.Untuk kerja pastinya memerlukan SDM yang memiliki keahlian, skill, dan keterampilan, bersertifikasi. Bagi orang yg sudah bersertifikasi pastinya sudah tau batasan dan kemampuan dari dirinya sendiri. Orang yang bersertifikasi juga tidak hanya memiliki sertifikat tanpa memiliki kemampuan.
4. Jurusan SMK yang berisiko automatisasi yang sangat tinggi yaitu TKR dan TKJ. Kenapa? Karena jurusan TKJ menggunakan alat yang pastinya tidak murah dan hi-tec. Sementara jika TKR, sekarang sudah menggunakan robotica, sehingga jika tidak diseimbangi dengan SDM yang cukup dan menguasai di bidangnya maka akan berisiko tinggi terkena automatisasi.
5. Sekolah yang baik akan menjaga hubungan industrialisasi. sehingga sekolah akan mengerti lulusan seperti apa yang diharapkan oleh industri. Namun pada kenyataannya hampir 100% smk tidak seperti itu.

Berikut Sedikit Dokumentasinya :



F. Kesimpulan
    Pendidikan SMK Merupakan Pendidikan yang mengharuskan kerja setelah lulus, maka dari itu sekolah atau siswa harus Mempersiapkan Sebelum benar benar kedunia kerja

G. Referensi
     www.psmk.kemdikbud.go.id/

Sekian yang dapat saya sampaikan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan maupun tatabahasa sekian dan terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr.Wb