Assalamu'alaikum Wr wb.


                             Hasil gambar untuk open vs closed source


A. PENDAHULUAN

     Selamat datang dan terima kasih telah senantiasa berkunung di blog saya yang sederhana ini, dan pada kesempatan kali ii saya akan membahas tentang Apa sih perbedaan antara Windows dan Linux? mungkin teman-teman pada penasaran atau sudah tahu, oke kalau gitu lanjut..

B. LATAR BELAKANG

     Seringkali kita tidak mengetahui atau tidak bisa membedakan antara Windows dan Linux, nah maka dari itu saya akan membahasnya.
 
C. MAKSUD DAN TUJUAN

     Tujuannya adalah untuk menambah wawasan serta informasi pengetahuan kita terhadap OPERASI SISTEM  kita dan intinya saya disini bukan untuk membanding bandingkan antara keduannya atau mengunggulkan sebelah pihak.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

     Dengan kita mengetahui peredaannya atau keunggulan dan kelemahan dari masing2 OS tersebut kita bisa memilih dan menyesuaikan untuk kebutuhan kita.
 

E. PEMBAHASAN

     Oke, sebelum kita ulas secara jelas dan gamblang terlebih daulu kita harus mengetahui terlebih dahulu:

 Hasil gambar untuk open vs closed source

Apa itu Open source?

   Nah mungkin teman-teman semua udah pada tahu nih tentang apa sih itu open source?

       Open source menurut dari bahasa Indonesia adalah Kode terbuka. Akan tetapi yang dimaksudkan disini adalah Kode pemerograman, dan yang dimaksud dengan pemerograman adalah kode-kode perintah yang kita  masukan namun berdasarkan logilka yang benar.

     Open Source Software (OSS) juga merupakan istilah yang digunakan untuk
software komputer yang membuka/membebaskan source codenya
untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui
cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-
kelemahan yang ada pada software tersebut.

     Jadi intinya setiap orang dapat melihat, mengubah, atau memodifikasi kodenya,dan bisa  mendistribusikannya lagi, dan tentunya Berbeda dengan software komersial yang dikembangkan vendor tertentu dan untuk menggunakannya kita harus membayar lisensinya.
     
        Salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat
diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensinya,
open source (kode program terbuka) dipopulerkan tahun 1998. Sejarah perangkat lunak open source lahir sejak kultur hacker berkembang di laboratorium-laboratorium komputer di universitas-universitas Amerika seperti Stanford, Berkeley, Carnegie Mellon, dan MIT pada tahun 1960-an dan 1970-an.Sistem operasi open source dinggap menguntungkan, khususnya oleh para pengguna open source.

Beberapa keuntungan dan kerugian dari open source :
Keuntungan:
  1. Banyak tenaga (SDM) yang berperan mengerjakan proyek
  2. Kesalahan (bugs, error) lebih cepat ditemukan dan diperbaiki
  3. Kualitas hasil lebih terjamin karena komunitas melakukan evaluasi
  4. Lebih aman
  5. Hemat biaya
  6. Tidak mengulangi development
Kekurangan
  1. Kurangnya SDM yang dapat memanfaatkan open source
  2. Tidak adanya proteksi terhadap HAKI
Contoh Sistem operasi yang termasuk Open Source adalah
–    Linux: Ubuntu, Red Hat,  Mandriva, CentOS, Fedora, Blankon, OpenSUSE, Open BSD dan Free BSD ,
– Open Solaris dan Solaris
– Android.

Dan setelah kita mengetahui tentang apa itu open source kita juga harus mengetahui tentang

Apa itu Closed Source? 

 

        Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

       
            Setelah kita mengetahui pengertian, contoh dan juga kelebihan serta kekurangan dari software dengan lisensi open source, kali ini kita akan membahas juga mengenai software dengan lisensi close source. Dari namanya saja tentunya kita semua sudah tahu bahwa software dengan lisensi close source ini pastinya berbeda dengan open source. Jika pada open source kita bebas untuk mengembangkan software yang kita gunakan, hal itu akan berbeda halnya dengan close source ini.

          Close source adalah software yang source codenya tidak dibuka untuk umum. Sang pemilik code yang close source bisa membagi source codenya melalui lisensi, entah dengan gratis maupun membayar. Meskipun gratis, lisensi tertentu bisa membuat sebuah software tidak sepenuhnya open source. Misalnya jika di lisensi tersebut ada larangan untuk memodifikasi code, maka software ini tidak open source.

Contoh Software Close Source

       Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan close source, pastinya akan lebih lengkap atau lebih jelas jika kita juga mengetahui contoh-contoh dari software yang menggunakan lisensi close source. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa contoh software dengan lisensi close source.


Adobe Photoshop
      Contoh software dengan lisensi close source yang pertama adalah adobe photoshop. Siapa yang tidak tahu dengan software aplikasi yang satu ini. Sesuai dengan namanya, adobe photoshop merupakan salah satu software aplikasi yang digunakan untuk editing. Adobe photoshop banyak digunakan terutama pada bidang multimedia yang mana berguna untuk mengedit foto ataupun membuat desain grafis.
    
        Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.


Microsoft Windows
                             
            Contoh software dengan lisensi close source yang berikutnya adalah microsoft windows. Seperti yang sudah kita semua ketahui, microsoft windows merupakan salah satu software sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir semua unit komputer pastinya menggunakan sistem operasi wiindows ini.

         Microsoft windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya system operasi ini banyak sekali di gunakan oleh masyarakat, dari kalangan menengah ke atas hingga ke bawah. Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line.
  • Kelebihan Close Source

  • Adanya Dukungan Langsung Dari Pemilik Software
Kelebihan dari software dengan lisensi close source yang pertama adalah adanya dukungan dari pemilik atau pembuat software tersebut. Berbeda halnya dengan software open source yang mana tidak memiliki dukungan sehingga akan sangat sulit untuk membuat orang untuk menggunakan software yang telah dikembangkan.
  • Interface Yang Familiar
Interface yang familiar disini maksudnya adalah tampilan tatap muka yang terkesan mudah untuk digunakan dan diingat. Tentunya berbeda dengan software open source yang mana kita harus benar-benar menguasai pengembangan tampilan yang dihasilkan dari mengembangkan software pada open source.

Kekurangan Close Source

  • Tidak Bebas Dalam Mengembangkan Sistem
Seperti yang sudah dijelaskan, software dengan lisensi close source merupakan sebuah software yang mana hanya bisa dikembangkan oleh vendor atau pemilik dari software itu sendiri. Sehingga kita yang mana sebagai pengguna harus puas hanya dengan menggunakan interface atau tampilan bawaan yang dimiliki oleh software close source ini.
  • Rentan Terjadinya Pembajakan
           Pada software dengan lisensi open source, kita tahu bahwa setiap penggunanya memiliki kebebasan untuk memodifikasi maupun mengembangkan software tersebut dan pastinya semua hal tersebut adalah gratis. Namun berbeda halnya dengan close source yang mana kita tidak bisa memodifikasi maupun mengembangkan software dengan lisensi close source dan tentunya untuk menggunakan software close source kita diharuskan untuk membayar sebelum menggunakannya.


 F. REFERENSI

    Source : Opensource.org.co.id



 Wassalamu'alaikum Wr wb.