Assalamu'alaikum wr wb.



 



A. PENDAHULUAN 

   Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah system operasi Linux.

B. LATAR BELAKANG

    Kenapa saya bahas system operasi Linux? karena menurut saya ini menari untuk dibahas dan jika anda masih bingung atau ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu LInux dan apa saja bagian  dari LInux.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

    Saya bertujuan untuk memberitahu atau share pengetahuan  tentang OS ini supaya kita tahu dan bisa bagaimana cara mengoperasikan OS ini.

D. PEMBAHASAN

 PENGENALAN OPERATION SYSTEM LINUX

 

  
     Oke langsung saja cekidot daripada lama-lama:

Jadi gini sob, Linux adalah sebuah nama yang diberikan kepada Sistem operasi komputer yang bertype UNIX. Linux bisa juga disebut salahn satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber utama terbuka(Open Source). Seperti halnya perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainya pada umunya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.




Linus Tovalds

    Nama "Linux" dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Peralatan system dan pustakannya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan pada tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribuasi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux. 


       Linux sudah dikenal oleh penggunanya diserver dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti INTEL, DELL, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat dan Sun MIcrosystem.


Linux digunakan sebagai system operasi diberbagai jenis perangkat keras komputer,   komputer dekstop, super komputer.


      Para pengamat Teknologi Informatika beranggapan kesuksesan Linux yang tidak bergantung kepada vendor (Vendor Indepence), biaya operasional yang rendah, dan kompabilitas yang tinggi dibanding operation system UNIX yang tidak bebas, dan Linux juga dalam segi keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan system operasi yang lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunax sumber terbuka (Open Source).
 
E. KESIMPULAN 

     Jadi intinya system operasi Linux itu dapat dimodif ulang sesuai apa yang kita inginkan dan bisa digunakan serta bisa dikontribusikan kembali.
    Untuk pembuatnya adalah Linus Tovalds pada tahun 1991.

F. REFERENSI 

   Http://en.wikipedia.org./wiki/Linux

   http://www.Linux.or.id

G. PENUTUP

   Demikianlah pengenalan singkat tenang operasi Linux dan di postingan selanjutnya saya akan bahas tentang . Struktur System Linux, Fle System Linux/ direktori, Distribusi Linux(Distro Linux), Perbedaaan OS Linux dan Windows, dan Perintah dasar Command Line Terminal LInux. Oke cukup sekian yang bisa saya sampaikan terima kasih atas kunjungannya .



Wassalamu'alaikum wr wb.