Assalamu'alaikum Wr wb.


Hasil gambar untuk mikrotik



A. PENDAHULUAN

      Selamat datang dan selamat membaca catatan yang kusisipkan diblogku ini dan terima kasih atas kunjungannya teman-teman semua, dan tak lupa ucap rasa syukur kapada  Allah yang maha Ghafur karena atas karunia nikmat dan hidayahnya kita semua maasih diberi jatah umur dan sehat wal 'afiyat yang patut kita harus syukuri.

      Pada kesempatan kali ini izinkan saya menulis beberapa coretan kecil yang saya ikat sebuah pengetahuan didalamnya karena ilmu itu bagaikan seekor hewan buruan yang harus kita ikat agar tidak kabur, begitu juga dengan ilmu kita juga harus  mencatatatnya agar tidak lupa ilmu yang telah kita pelajari .

      Dicatatan kali ini saya akan membahas tentang KUMPULAN ISTILAH-ISTILAH MIKROTIK,  dan demikian mohon kepada teman-teman semua agar baca dan fahami setelah itu amalkan apa yang telah saya catat ini dan jangan lupa agar bagikan blog ini kepada teman-teman yang lainnya supaya mereka bisa belajar dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua.

B. LATAR BELAKANG

      Terkadang kita tidak bisa mengerti dan belum paham fitur yang ada di MikroTik juga tidak mengetahui fungsinnya untuk apa, naah, oleh karena itu saya mencatat beberapa hal penting yang harus kitta fahami dulu, saya juga sama seperti demikian waktu pertama belajar MIkroTik.

C. MAKSUD DAN TUJUAN

     Setelah kita mengetahui cara menginstall MikroTik di VirtualBox kemarin yang saya catat bisa baca di siini https://rayhansm.blogspot.com/2018/09/cara-menginstall-router-os-di-virtual.html kita sebelum kita konfigurasi kita harus pahami betul fungsi dan cara kerjannya seperti apa, intinnya kita harus pahami betul konsepnya sebelum kita melakukan konfigurasi.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

     Setelah kitra bisa paham dengan konsep cara kerjannya dan fungsinnya nantinya kita tidak bingung lagi ketika ingin melakukan sebuah Kinfigurasi.

F. PEMBAHASAN

      Baiklah tidak perlu bahas panjang panjang lagi karena munngkin teman-teman udah pada penasaran atau udah ada yang tahu moho keritik dan tambahannya.
Berikut ini adalah kumpulan istilah-istilah yang ada di MikroTik yang sering muncul dalam menu-menu MikroTik:


KUMPULAN ISTILAH-ISTILAH MIKROTIK


Hasil gambar untuk mikrotik


1. SYSTEM
 System adalah paket yang wajib di install di MikroTik karena merupakan inti dari MikroTik.

2. PPP (Point To Point Protocol)
 Merupaka paket yang memuat paket PPP.  Paket ini diperlukan untuk fitur komuunikasi serial dengan menggunakan PPP, ISDN PPP, L2TP dan PPTP serta komunikasi PPP on Ethernet (PPoE). Paket PPP sering digunakan untuk paket WAN (Wide Area Network) denga  menggunakan komunikasi serial mode asyncronous maupun mode synchronous.

3. DHCP (Dynamic Host Control Protocol)
Merupakan paket yang memuat fitur DHCP baik yang diperlukan client ataupun server secara automatic.

4. Advanced -tools, memuat fitur e-mail client, ping, netwatch traceroute, bandwith tester, traffic monitoring, mrtg dan utility. Yang sering diperlukan untuk menetahui kondisi router maupun jaringan. Fitur Netwcatch merupakan fitur yang memungkinkan MIkroTik menjadi lebih pintar dan dapat memilih konfigurasi berdasarkan script (Urutan Perintah) sesuai kondisi jaringan (Netwatch).

5, Arlan merupakan dukungan MikroTik untuk penggunaan card ISA Arlan 655 Wireless Interfaces agar dapat transparan berkomunikasi dengan lawannya.

6. GPS (Global Poasitioning System) & NTP (Network Time Protocol)
Sebagai konfigurasi posisi atau lokasi dan referensi waktu atau penyesuaian waktu antara client dan server.

7. Hotspot
Digunakan untuk melakukan authentication,authorization dan accounting pengguna yang melakukan access jaringan yang melalui gerbang hotspot.  Pengguna hotspot sebelum melakukan access jaringan perlu melakukan authentication melalui web browser baik dengan protocol http maupun https (secure http).

8. ISDN
MikroTik router dapat melakukan ISDN Client ataupun ISDN Server. Fungsi dial up dapat diatur secara permanen ataupun dial-on-demand. IP Address Yang diberikan ISP  dapat diatur sebagai default router table.

9. LCD
Digunakan Untuk menampilkan informasi kondisi system MIkroTik melalui layar LCD mini yang tersambung ke pararel ataupun USB.

10. ROUTER BOARD
Digunakan untuk mendukung penggunaan MikroTik pada papan rangkaian khusus. Papan rangkaian khusus tersebut pada dasarnya adalah computer minimum (tanpa HDD, CONTROLLER,VGA, DAN SOUND) Dilengkapi hanya dengan kartu jaringan, catu daya lebih sederhana  (cukup + 12 VDC), Dan performa yang sangat minimum.

11. Routing
 Diperlukan jika jaringan menggunakan jaringan routing dynamic MikroTik dapat menggunakan RIP, OSPF, maupun BGP v4.

12. Security
Berisikan tentang dukungan untuk keamanan komunikasi. Paket ini diperlukan oleh MikroTik untuk menjalankan IP SECURITY, Secure Shell, dan untuk menjalankan Win Box pada mode aman (secure).

13. Telephon,
 Berguna untuk mengatur layanan komunikasi dengan menggunakan Voice Over IP (VoIP) . Paket ini selain memberikan fungsi Gatekeeper juga mendukung penggunaan beberapa hardware VoIP terpasang pada MikroTik Router OS.

14. UPS
Fitur ini memudahkan administrator memonitor mungkin ente juga paham maksudnya dan mengamankan router dari kerusakan yang disebabkan akbat gangguan catu daya. Untuk melakukan pengamanan tersebut router akan selalu memonitor kondisi baterai Ups saat catu daya utama tidak tersedia jika kondisi baterai ups dibawah 10% Maka fitur ini memerintah router telah pada kondisi Hibernet dan siap untuk kembali aktif saat catu daya utama kembali.

15. MikroTik Web Proxy 
Tutorial MikroTik web proxy dalam saat yang bersamaan dapat difungskan sebgi proxy HTTP Normal maupu Transparant.



G. KESIMPULAN

     Alhamdulillah, cukup sekian dulu yak, Kumpulan istilah-istilah MikroTik dan Networking  dan untuk lebih lengkapnya .. silahkan klik Link di referensi

H.. REFERENSI

source: http://mikrotikindo.blogspot.co.id

I. PENUTUP

Semoga brmanfaat dan jangan lupa untuk di share... :)
Akhirul kalam.. 

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.